Wednesday, August 14, 2013

Kakek ...

Melihat sebuah bangunan yang diambil oleh sang kakak ketika di Cirebon.  Meminta dan melihatnya yang masih berdiri tegak hingga saat ini dengan pemilik yang berbeda.  Sebelum dijual, gedung itu dimilikinya yang menurut cerita orang-orang adalah seorang dengan wibawa yang luar biasa.  Lalu teringat cerita dari bapak yang pernah dipercaya untuk menjadi hair-stylistnya di masa lampau. Tak sengaja bertemu bapak ini dalam ketidaksengajaan saat masa-masa kuliah.
Pak tua ini aah saya lupa siapa namanya, tapi dia punya salon antik khusus untuk org2 tua yang memang sudah jadi pelanggannya sejak jaman tempo dulu.  Semenjak ketidaksengajaan itu jadi sedikit mengenal sosok sang pemilik gedung lama di Cirebon itu.

(perbincangan ini terjadi sekitar tahun 2000an)

Bjk : Pak udah dari kapan buka salon disini? alat-alatnya antik banget ... saya kira banyak peralatannya ternyata gak ya pak cuman suerrrr antik semua
Pt  :  Hahaha udah lama neng bapak buka disini dari jaman dulu banget deh dijamin neng belum lahir.
Bjk : (hanya bisa nyengir)
Bjk : Wah! bagus kalau gitu pak ... jadi mau nanya tentang seseorang , saya gak kenal beliau soalnya pas saya lahir dia sudah meninggal dunia, jadi cuma sekedar tahu kalau orang itu rada-rada ditakutin.  Heran juga sih kenapa harus takut, memangnya dia menyeramkan?
Pt  : neng tuh ngomongin siapa?
Bjk : hehe ... kakek saya pak. 
Pt  : kakek neng tuh siapa, dimana rumahnya siapa tahu bapak kenal.
Bjk : Itu pak rumahnya dulu , yang sekarang jadi dukomsel
Pt  : (terbelalak)
Bjk : Bapak kenapa kayak yang kaget gituuu? (ikutan bingung)
Pt  : Gustiiiii, si eneng teh ... ya ampuuuun neng ... neng sini hayu duduk.  Bapak meni gak percaya hari ini datang juga.  Gimana kabarnya ibu sepuh?
Bjk : (bengong 1000 bahasa)  bapak kenal sama kakek saya?
Pt  : Kenal pisan neng ( sambil tetiba menyuruh asistennya menyediakan air teh, dan tetap membuat saya tertegun)
Bjk : Waaah! Kereeen hahahaha ... Asiiik ada yang tahu kakek - happy rasanya.  Bapak kenal dimana? hehehe .  Eeeh iya ibu sepuh tu maksudnya nenek saya ya? Dia alhamdulillah baik tinggal bersama keluarga kami setelah stroke ke dua.  Tapi baik juga sih ibu sepuh.
Pt  : Nenek kamu itu orangnya baiiiik, kakek kamu juga begitu.
Bjk  :  Oooh ya kakek saya baik pak? Gimana bapak bisa tahu?
Pt  : Iya , bapak kan orang yang suka nyukurin rambutnya beliau.  Begitu dipanggil bapak langsung jalan ke depan sana.
Bjk  : Oooooh ya ampuuuun , hahaha keren banget Tuhan nemuin saya sama bapak ^_^
Pt   : Bapak juga seneng ketemu neng, udah lama bapak teh pengen tahu gimana kabar keluarganya Tuan. Pas Tuan meninggal kan banyak orang yang nganter, pada sedih neng.  Kakek neng tuh beuuugh orang kalau liat dia dari jauh aja langsung berenti jalan dan nunduk-nunduk.
Bjk  : Hah?? Kok bisa gitu pak? 
Pt  :  eeeh atu da kakek kamu teh orang penting, masa gak tahu?
Bjk  :  gak tahu pak, saya hanya tahu dia salah satu pengusaha dan ikut berjuang dalam usaha kemerdekaan RI.  Cuman emang yg saya denger sih Presiden sama Wapres RI di masa itu klo lagi ke bandung kadang suka bertamu ke rumahnya.
Selain itu saya gak banyak tahu juga sih.  Memangnya bener ya dia galak?
Pt  :  Bukan galak neng, bijaksana sama saklek banget orangnya.  Kalau kata bapak orang sejenis kakek neng sampe sekarang juga masih bisa diitung jari.  Jempol banget lah.
Bjk  : Waaahhh gitu ya pak? Sampe brigidig dengernya.  Gak kebayang kalau masih ada sampe jaman sekarang ...
Pt   :  hahaha si eneng ... sok mangga diminum dulu atuh neng.  Bapak teh seneng banget ini bisa ketemu langsung sama cucunya Tuan.  Gak nyangka.  Ngomong-ngomong neng teh lagi nunggu siapa?
Bjk  : Nunggu dijemput mama pak.
Pt   :  Oooh neng teh anak dari putranya Tuan yang mana?
Bjk  : Bukan putra pak tapi anak dari putrinya kakek
Pt   :  Ooooh ya ampuuuun bapak tau juga, suka liat dulu tapi jarang ngobrol sih, mana berani .  Aduh bener deh neng kakeknya baik.  Meski kata orang galak tapi bapak mah bilang dia baik pisan, banyak memperhatikan lingkungan sekitar, suka ngebantuin orang.  Gayanya keren untuk orang yang hidup di masa itu mah neng.  Selalu pake jas, topi, tongkat udah itu harum neng.
Bjk  :  Ooooh gitu ya pak? Wahahaha ... makasih banyak teh nya pak.

Gak lama mobil jemputan datang , kami berpisah dengan sedikit pesan dari bapak tua itu.
"Neng besok-besok kesini lagi ya, kita cerita tentang masa lalu, salam hormat buat ibu sepuh sama mamanya dari bapak"
Hari itu rasanya senang, menemukan sosok kakek yang gak pernah dikenal sebelumnya.  Diceritain langsung dari orang yang lama berada di sebelahnya saat masa-masa hidupnya.  Hmmm betapa lucunya dunia ... how come i don't be grateful for that?  Sejak hari itu aku berteman dengan bapak tua sampai akhirnya dia jarang membuka salon dan benar2 hilang kabarnya.  Bapak tua itu seperti malaikat , setidaknya dia sudah memperkenalkan si cucu sama karakter2 kuat sang kakek yang gak pernah dikenalnya.  Bapak tua itu hilang, tapi doa untuknya tak pernah hilang ^_^.  

Hari kemarin dikirimkan gambar gedung yang pernah dimiliki kakek di tempo dulu, rasanya seperti menghidupkan sosok kakek selama beberapa waktu.  Grateful indeed.  Wiiii ... 

No comments:

Post a Comment